Pendaftaran Mahasiswa Baru

Universitas Negeri Gorontalo

Home | Pengumuman | Daftar Prodi | Daftar Ruangan | Peserta Ujian Per Prodi | Peserta Ujian Per Ruangan | Live Update

Pra-Registrasi Calon Mahasiswa Baru


Login Peserta

Seleksi
Nomor Peserta
Contoh: 116-14-12345
Diisi: 1161412345
Tanggal Lahir
(sesuai tanggal lahir yang diinput
saat mendaftar SBMPTN)
Key Code
Type Code ketik ulang Key Code

Siapkan persyaratan dokumen terlebih dahulu.
Semua berkas yang diupload adalah hasil scan dokumen asli.
Bagi yang mengalami kendala silahkan menghubungi panitia
di sekretariat Gedung BAKP

Sehubungan dengan pendaftaran calon mahasiswa baru UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN 2017, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Diwajibkan melakukan penginputan biodata calon mahasiswa yang diisi secara online melalui website
    http://pmb.ung.ac.id/?mod=registrasi yang dimulai tanggal 15 Juni 2017 00:00 s/d 12 Juli 2017 14:59 WITA.
    Semua berkas yang diupload adalah hasil scan dokumen asli.
  2. Melakukan verifikasi/pra-registrasi akademik s/d tanggal 25 Juli 2017 pukul 17:30 WITA bertempat di GEDUNG BAKP UNG dengan membawa kelengkapan berkas sebagai berikut:
    1. Print out formulir biodata calon mahasiswa yang sudah diisi secara online.
    2. Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2017 asli.
    3. Print out Surat Pernyataan yang telah ditandatangani di atas meterai Rp 6000,-
    4. Memperlihatkan ijazah asli SMA/SMK/MA/MAK atau ijazah Paket C atau Surat Keterangan Lulus Asli dan menyerahkan satu lembar photo copy yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    5. Memperlihatkan Nilai Hasil Ujian Nasional Asli dan menyerahkan satu lembar photo copy yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    6. Memperlihatkan raport dari semester 1 sampai dengan 6 Asli dan menyerahkan masing-masing satu lembar photo copy yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    7. Surat keterangan penghasilan orang tua (gabungan Ayah dan Ibu) :
      • Petani/Nelayan/Wiraswasta/lain-lain dari Kepala Desa atau Lurah.
      • PNS/TNI/POLRI/Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Perusahaan/Swasta berupa slip gaji (bukan rekapitulasi gaji) masing-masing dari ayah dan atau Ibu yang ditandatangani oleh Bendahara instansi/perusahaan yang bersangkutan.
      • Pensiunan, memperlihatkan buku tabungan pensiun asli masing-masing dari ayah dan atau Ibu serta menyerahkan photo copy buku tabungan pensiun.
    8. Menunjukkan KTP kedua orang tua/ wali dan menyerahkan satu lembar photo copy.
    9. Menunjukkan Kartu keluarga dan menyerahkan satu lembar photo copy.
    10. Menunjukkan tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir dan menyerahkan masing-masing satu lembar photo copy, Bagi yang menggunakan listrik pintar/tidak mempunyai aliran listrik, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah. Untuk Surat Keterangan mengunakan listrik pintar harus mencantumkan pemakaian rata-rata perbulan.
    11. Menunjukkan tagihan rekening PDAM 3 (tiga) bulan terakhir dan menyerahkan masing-masing satu lembar photo copy. Bagi yang tidak berlangganan PDAM, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
    12. Menunjukkan slip setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) asli dari tempat tinggal setahun terakhir dan menyerahkan satu lembar photo copy. Bagi yang tidak mempunyai rumah/menumpang/mengontrak dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
    13. Menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/ Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ Kartu Indonesia Sehat (KIS)/ Beasiswa Siswa Miskin (BSM) yang asli (apabila ada) dan menyerahkan satu lembar photo copy.
    14. Khusus yang mengajukan beasiswa bidik misi menyerahkan FORMULIR BIDIK MISI yang telah diisi lengkap disertai foto sesuai tertera pada formulir. Formulir tersebut dapat didownload dan dicetak pada saat melengkapi biodata secara on-line.
    15. Satu lembar pas photo berwarna ukuran 3 x 4 cm dengan latar merah berkemeja/blus putih, bagi yang berkerudung diwajibkan memakai kerudung putih.
    16. Semua berkas dimasukan ke dalam map snal hekter warna biru dan ditulis identitas nama, program studi dan fakultas. Untuk yang mengajukan beasiswa bidik misi ditambahkan tulisan Bidik Misi.
    Berkas (asli) mulai dari butir d discan dan diupload pada saat mengisi formulir biodata calon mahasiswa secara online.
  3. Diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya pelaksanaan kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) sebesar yang tercantum dalam Surat Keputusan Rektor UNG tentang UKT, dan Biaya MOMB Tahun Akademik 2017/2018 .
  4. Besaran UKT ditentukan melalui verifikasi data sesuai ketentuan yang berlaku.
  5. Penetapan UKT tiap mahasiswa per semester masing-masing program studi, dan biaya MOMB dapat diakses pada laman http://siat.ung.ac.id/ pada bagian menu [cek tagihan SPP] pada 25 Juli 2017 pukul 23:59 WITA.
  6. UKT, dan biaya MOMB yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun
  7. Pembayaran UKT, dan biaya MOMB mulai tanggal 03 Juli 2017 s/d 14 Juli 2017 melalui loket Bank Rakyat Indonesia (Kantor Cabang/Cabang Pembantu/Unit) di seluruh Indonesia dengan menunjukan kartu registrasi kepada Teller Bank Rakyat Indonesia.
  8. Calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa Bidikmisi tidak secara otomatis mendapatkan beasiswa Bidikmisi, tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi data akademik juga melakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke alamat tinggal untuk menentukan kelayakan mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor UNG sesuai dengan kuota.
  9. Khusus untuk calon mahasiswa yang mengajukan beasiswa Bidik Misi proses registrasi diatur sebagai berikut:
    1. Diwajibkan membayar biaya MOMB sebagaimana point 4 dan 5.
    2. Diwajibkan membayar UKT sebagaimana point 4 dan 5.
  10. Mahasiswa yang mengajukan beasiswa Bidik Misi, dan telah melakukan pembayaran UKT, setelah diverifikasi dan dinyatakan sebagai penerima beasiswa Bidik Misi (melalui Surat Keputusan Rektor UNG), biaya UKT yang telah disetorkan sebagaimana point 9 huruf b akan dikembalikan dengan prosedur yang akan ditetapkan kemudian.
  11. Hak sebagai mahasiswa dinyatakan GUGUR apabila :
    1. Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditetapkan.
    2. Memberikan keterangan tidak benar pada waktu pendaftaran.
    3. Tidak melakukan pendaftaran pada tenggang waktu yang telah ditentukan.
Berhati-hatilah terhadap upaya penipuan.
Hindari penitipan pembayaran biaya pendidikan kepada pihak yang tidak anda kenal.
Hal-hal yang belum jelas terkait dengan verifikasi dan registrasi, dapat ditanyakan langsung kepada panitia di GEDUNG BAKP UNG.