Pendaftaran Mahasiswa Baru

Universitas Negeri Gorontalo

Home | Pengumuman | Daftar Prodi | Ruangan | Peserta Per Prodi | Peserta Per Ruangan | Live Update

Pra-Registrasi Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Tahun 2021


Sehubungan dengan pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo yang dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2021, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Diwajibkan melakukan penginputan biodata calon mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang diisi secara online melalui laman
    http://pmb.ung.ac.id/?mod=registrasi yang dimulai tanggal 26 Maret 2021 10:00 s/d 03 April 2021 23:59 WITA.
  2. Penyiapan Dokumen Registrasi
    1. Melengkapi, mengunduh, dan menandatangani:
      1. Formulir biodata calon mahasiswa.
      2. Surat Pernyataan (bermeterai 6000)
      3. Formulir KIP-K (khusus Peserta Pelamar Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah) yang diunduh melalui laman http://pmb.ung.ac.id dan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    2. Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun 2021
    3. Pas photo terbaru (ukuran 4 x 6 cm format JPG atau PNG,
      dengan ukuran maksimum 200 KB,
      menggunakan kemeja putih polos berkerah dengan latar merah maron,
      bagi yang berjilbab/ berkerudung diwajibkan memakai jilbab/kerudung putih.
    4. Nilai raport dari semester 1 sampai dengan 6
    5. Surat Keterangan penghasilan kotor orang tua (termasuk semua jenis tunjangan) Ayah dan Ibu/wali:

      • PNS/TNI/POLRI/Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Perusahaan/Swasta berupa slip gaji (bukan rekapitulasi gaji)
        masing-masing dari ayah dan Ibu, ayah atau ibu
        yang ditandatangani oleh Bendahara instansi pemerintahan/perusahaan yang bersangkutan.
      • Pekerjaan lainnya disahkan oleh Kepala Desa atau Lurah.
    6. KTP calon mahasiswa
    7. KTP kedua orang tua/wali
    8. Kartu Keluarga
    9. Bukti daya listrik dan pembayaran listrik 3 (tiga) bulan terakhir dari rumah orang tua/wali.
      Bagi yang mendapat kompensasi keringanan pembayaran karena Covid-19 atau menggunakan listrik pintar atau tidak mempunyai aliran listrik, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
      Untuk Surat Keterangan menggunakan listrik pintar harus mencantumkan pemakaian rata-rata perbulan.
    10. Bukti pembayaran PDAM 3 (tiga) bulan terakhir. Bagi yang mendapat kompensasi keringanan pembayaran karena Covid-19 atau yang tidak berlangganan PDAM, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
    11. Bagi pelamar KIP-K, menyiapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Kelurga Sejahtera (KKS)/Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau Surat Keterangan dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota yang menerangkan calon mahasiswa adalah keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). (apabila ada)
    12. Ijazah (apabila ada)
    13. Peserta Program Jaminan Sosial (apabila ada)
    14. Berkas (asli) pada butir B.2 sampai B.13 di scan dan diunggah pada saat mengisi formulir biodata calon mahasiswa secara online.
  3. Penyerahan dokumen
    1. Dokumen asli pada butir B.1.a sampai dengan B.1.c dan foto copy dari butir B.4 sampai dengan B.11 ditempatkan pada satu map merah muda (karton snelhekter). Map tersebut diberi identitas nama, program studi dan fakultas. Untuk Peserta Pelamar Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) ditambahkan tulisan "Pelamar Beasiswa KIP-K".
    2. Calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Gorontalo, proses registrasi dan verifikasi harus dilakukan SENDIRI (secara offline/ luring)
    3. Calon mahasiswa berasal dari luar Provinsi Gorontalo, dokumen sebagaimana huruf C.1 dikirim melalui jasa pengiriman dokumen selambat-lambatnya 07 Mei 2021 pukul 16:59 WITA (tanggal pengiriman/ cap pos) ke alamat:

      Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) lantai 1, Kampus Universitas Negeri Gorontalo
      Jl. Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo 96128
    4. Dokumen calon mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Gorontalo akan diverifikasi oleh petugas di BAKP UNG. Jika setelah diverifikasi dinyatakan lengkap maka calon mahasiswa diwajibkan mencetak kartu registrasi melalui laman http://pmb.ung.ac.id. Jika tidak lengkap, maka calon mahasiswa tidak dapat mencetak kartu registrasi.
    5. Apabila calon mahasiswa tidak melengkapi biodata yang tersedia melalui laman http://pmb.ung.ac.id, dan tidak menyerahkan dokumen pada waktu yang telah ditetapkan tersebut dengan alasan apapun, maka dianggap mengundurkan diri.
  4. Jadwal Registrasi
    1. Calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Gorontalo melakukan verifikasi/registrasi administrasi dengan ketentuan sebagai berikut:
      Tanggal : 1 s/d 8 April 2021
      Pukul : 08.30 s/d 17.00 WITA
      Tempat : Gedung Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) UNG dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19 (3M) yang ketat.

      Untuk menghindari kerumunan, ketertiban dan kelancaran proses registrasi dan verifikasi tersebut sangat dianjurkan untuk mengikuti jadwal:
      Hari, TanggalFakultas/Program Studi
      Kamis, 1 April 2021Fakultas Ekonomi (khusus program studi Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan)
      Jumat, 2 April 2021Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi (khusus program studi Administrasi Publik)
      Sabtu, 3 April 2021Fakultas Teknik (program studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Sistem Informasi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Teknik Mesin)
      Minggu, 3 April 2021FOK (program studi Penjaskesrek, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi), Kedokteran
      Senin, 5 April 2021FAPERTA (program studi Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Ilmu Teknologi Pangan)
      FSB (program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik)
      Selasa, 6 April 2021FMIPA (program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Geografi, Pendidikan IPA, Teknik Geologi, Statistika, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi)
      Rabu, 7 April 2021FIP (program studi Bimbingan dan Konseling, PGSD, PGPAUD, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah)
      Kamis, 8 April 2021FIS (program studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sosiologi, Ilmu Komunikasi)
      FPIK (program studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan)
    2. Calon mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Gorontalo melakukan verifikasi/registrasi administrasi secara online/ daring (setelah dokumen diterima panitia) dengan ketentuan sebagai berikut:
      Tanggal : 1 s/d 8 April 2021
      Pukul : 08.30 s/d 17.00 WITA
      Aplikasi : zoom meeting pmb.ung.ac.id atau melalui WhatsApp
  5. Informasi Penting
    1. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di Universitas Negeri Gorontalo kemudian tidak lulus Satuan Pendidikan SMA/SMK/MA dan/atau sederajat maka kelulusan pada SNMPTN dibatalkan.
    2. Diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT dibayarkan sejak semester satu hingga mahasiswa menyelesaikan studi.
    3. Besaran UKT ditentukan melalui verifikasi data sesuai ketentuan yang berlaku.
    4. Penetapan UKT tiap mahasiswa per semester masing-masing program studi dapat diakses pada laman https://siat.ung.ac.id pada bagian menu [cek tagihan SPP] pada tanggal 10 Mei 2021.
    5. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun (termasuk jika diterima di perguruan tinggi kedinasan, perguruan tinggi lain, mengundurkan diri dan lain-lain).
    6. Pembayaran UKT mulai tanggal 24 Mei 2021 sampai dengan 05 Agustus 2021 melalui loket BNI, atau BRI (Kantor Cabang/Cabang Pembantu/Unit) dengan membawa/menunjukkan kartu registrasi kepada Teller atau melalui ATM atau mobile banking BNI.
    7. Calon mahasiswa pelamar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) tidak secara otomatis mendapatkan beasiswa KIP-K, tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi faktual terkait keabsahan dokumen pendukung yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menetapkan sebagai mahasiswa penerima beasiswa KIP-K.
    8. Verifikasi faktual dimaksud dilakukan dengan cara calon mahasiswa harus memperlihatkan KIP/ KKS/PKH yang asli (bukan foto copy) pada saat yang bersangkutan akan melakukan registrasi.
    9. Calon mahasiswa sebagaimana point E. 7 setelah diverifikasi faktual ternyata benar-benar memiliki KIP/KKS/PKH, akan ditetapkan sebagai penerima beasiswa KIP-K sesuai ketentuan, dan yang tidak memiliki KIP/KKS/PKH diwajibkan membayar UKT sebagaimana point E. 3.
    10. Pembayaran UKT tidak diijinkan melalui setor tunai langsung layanan umum, tetapi hanya melalui setor dengan menggunakan aplikasi layanan khusus untuk pembayaran UKT di bank yang ditunjuk dan telah terintegrasi dengan https://siat.ung.ac.id.
    11. Hak Saudara menjadi mahasiswa UNG dinyatakan batal, apabila tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi dan atau memberikan keterangan/ data yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.
    12. Khusus bagi calon mahasiswa yang lulus pada program studi Kedokteran, WAJIB melakukan tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) di RSU Aloei Saboe Gorontalo dan tes Kesehatan di Klinik Civica UNG, serta akan dilakukan wawancara secara luring/daring yang jadwalnya akan ditentukan kemudian.
    13. Kegiatan mahasiswa baru akan diawali dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), dan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang ketentuan dan waktunya akan disampaikan kemudian.
    14. Pengumuman ini adalah satu-satunya pemberitahuan, tidak ada lagi undangan dengan surat.
Berhati-hatilah terhadap upaya penipuan, hindari penitipan pembayaran biaya pendidikan kepada pihak yang tidak anda kenal.

Tata Cara Pembayaran Uang Kuliah

Step by step Pembayaran SPP Maba dengan M Banking BNI

Step by step Pembayaran SPP Maba dengan ATM BNI

  1. Pada layar utama pilih menu "PEMBAYARAN"


  2. pilih menu "UNIVERSITAS"


  3. pilih menu "STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)"


  4. masukkan kode lembaga pendidikan diikuti nomor tagihan.
    Kode UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO = 8053.
    Nomor tagihan = 2 diikuti nomor peserta anda ()
    Nomor tagihan anda menjadi 2


  5. untuk melihat daftar kode lembaga pendidikan pilih menu "KODE LEMG PENDIDIKAN"


  6. masukkan kode lembaga pendidikan diikuti nomor tagihan, tekan 80532


  7. jika valid akan muncul informasi tagihan seperti contoh berikut,
    biaya Rp.10.000,- hanyalah contoh, biaya sebenarnya adalah Rp.0,-
    tekan "Bayar" jika sudah sesuai


  8. jika transaksi berhasil anda akan mendapatkan struk seperti contoh berikut